Medali Emas Tim PKM Krisan Antar Unsrat Masuk 10 Besar di Ajang Pimnas ke –36

MANADO, 1 DESEMBER 2023 – Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke –36, resmi berakhir kemarin malam, dengan mengantarkan tim Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) masuk 10 besar terbaik dari 106 kampus yang ikut serta di kegiatan yang resmi ditutup pada Kamis (30/11) lalu di lapangan Pusat Pelayanan Basic Science Universitas Padjadjaran (Unpad),  Bandung, Jawa Barat (Jabar).

 

Bacaan Lainnya

Keberhasilan Unsrat, yang baru pertama kalinya ikut serta di ajang Pimnas, dan 10 besar tidak lepas dari keberhasilan presentasi penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), tim PKM Krisan Unsrat yang dimotori oleh Marco Alfiano Laoh, Bonita Nababan, Mohammad Bintang dan Rosalina Wawointana,  yang merupakan mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA dan Fakultas Pertanian Unsrat, melalui hasil penelitian mereka berupa Sistem Kontrol Greenhouse Berbasis Arduino Uno untuk Mengendalikan Penyakit Karat Putih dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produksi Bunga Krisan di Tomohon.

 

Wakil Rektor Unsrat Bidang Akademik, Prof Grevo Gerung, yang ikut hadir dalam acara penutupan dan penganugerahan ini memberikan tanggapan rasa sukacita dan bangganya. “Sangat bahagia dan bersyukur. Ini prestasi terbaik yang sudah mengharumkan nama Unsrat di tingkat nasional,” tutur Gerung, didampingi Dosen Pendamping tim Unsrat, Hesky Stevy Kolibu ST MT. Gerung yang mewakili Rektor Unsrat, Prof Berty Sompie,  mengucapkan selamat bagi tim Unsrat dan terus mendorong agar terus bersemangat. “Untuk Pimnas selanjutnya, harus lebih baik. Makanya, kita harus budayakan riset inovasi mahasiswa,” tambah mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat ini.

 

Sementara itu, dosen pembimbing tim Unsrat, Hesky Stevy Kolibu ST MT, mengaku tidak menyangka tim PKM-nya yang bernama “Krisan”berhasil menyabet medali emas di Pimnas ke-36. “Sangat bersyukur untuk perolehan medali emas ini, ” kata Kolibu didampingi Laoh, Bonita Nababan, Mohammad Bintang dan Rosalina Wawointana,  yang merupakan mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA dan Fakultas Pertanian Unsrat.

 

Seperti diketahui, Pimnas ke-36 ini diikuti oleh 525 tim dari 106 perguruan tinggi seluruh Indonesia, terdiri atas 2.419 peserta, 525 dosen pembimbing, dan 77 juri. Pimnas merupakan event yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Pimnas sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).( graceywakary)

Pos terkait