Pergerakan Sesar Naik Penyebab Gempa Bumi M6,9 di Sulut

MANADO, 17 NOVEMBER 2023 – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska (BMKG) pusat, langsung merilis penyebab gempa bumi dengan yang berada di kedalaman Laut Tahuna.

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers BMKG  yang diterima MANADONES sore tadi, dijelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi pada pukul 16.14 Wita, dengan Episenter di laut jarak 228 km Barat Laut Tahuna Sangihe pada kedalaman 63 km. Dalam siaran pers, yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono SSi MSi, diterangkan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam slab lempeng cotabato (intra-slab) yang tersubduksi ke bawah Mindanao, dimana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik ( thrust fault ).

 

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tulis Daryono. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *