Ini Komentar Jokowi tentang Putusan MK untuk Pencalonan Capres dan Cawapres RI

Presiden Joko Widodo.

MANADO, 16 OKTOBER 2023 – Mahkamah Konstitusi (MK), siang hingga sore tadi, telah mengeluarkan putusan atas beberapa permohonan pada UU Pemilu, tentang calon presiden (capres), dan calon wakil presiden (cawapres).

 

Bacaan Lainnya

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), angkat bicara, pada malam tadi. Seperti dilansir MANADONES, dari link media sosial PJoko Widodo, Presiden ketujuh ini secara tegas menyatakan, agar hasil putusan MK yang telah diketok, bisa ditanyakan media ke MK. Berikut pernyataan Presiden Jokowi. “Ya, mengenai putusan MK, silahkan ditanya ke MK. Jangan saya yang berkomentar, silahkan juga pakar hukum yang menilainya. Saya tidak ingin, memberikan pendapat atas putusan MK. Nanti bisa disalah mengerti, seolah-olah saya mencampuri kewenangan yudikatif,” tegas presiden.

 

Dia juga menolak berkomentar atas, dugaan salah satu putranya yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang disebut akan menjadi cawapres dalam Pemilu 2024 mendatang. “Pasangan capres, dan cawapres ditentukan oleh partai politik, atau gabungan partai politik. Jadi, silahkan tayakan saja ke partai politik, itu wilayah parpol. Saya tegaskan, saya tidak mencampuri, urusan penentuan capres dan cawapres,” tegas Jokowi. (graceywakary)

Pos terkait