Unsrat Ketambahan 35 Satpam Terkualifikasi Gada Pratama

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Ronny Maramis SH MH, saat menyerahkan sertifikat Gada Pratama pada 35 satpam Unsrat.

MANADO, 25 SEPTEMBER 2023 – Sebanyak, 35 orang yang tergabung sebagai satuan pengamanan (Satpam) Universitas Sam Ratulangi, pagi tadi menerima sertifikat Pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama.

 

Bacaan Lainnya

Penyerahan sertifikat yang berkualifikasi sesuai Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2006 ini, diserahkan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Ronny Maramis SH MH pagi tadi di Kantor Rektorat Unsrat Manado. Maramis kemudian menjelaskan, dalam pelaksanaan tugasnya, anggota satpam berperan sebagai unsur membantu pimpinan institusi atau proyek atau badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja dan unsur membantu kepolisian negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan di lingkungan kerjanya.

 

Dia, kemudian menyebut melalui pelatihan satpam maka  rangkaian proses pembentukan untuk mendapatkan keahlian, pengetahuan tentang tugas dan peraturan, serta pembentukan sikap seorang tenaga satpam, guna meningkatkan performa serta kinerjanya. “Capaian untuk menjadi seorang satpam tidaklah mudah, dan melalui sertifikat ini, kami berharap keamanan dan kenyamanan di wilayah Unsrat makin terjaga,” kata Maramis dihadapan 35 satpam Unsrat ini.

 

Sertifikat Gada Pratama (Dasar) adalah, pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan Interpersonal Skill, Etika Profesi, tugas pokok, fungsi dan peranan Satpam, kemampuan kepolisian terbatas, bela diri, pengenalan bahan peledak, barang berharga dan latihan menembak, pengetahuan narkotika, psikotropika dan zat adiktif Lainnya, penggunaan tongkat Polri dan borgol, pengetahuan baris berbaris dan penghormatan. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *