Kakanwil BPJAMSOTEK Sulawesi Maluku Hadiri Peresmian Perlindungan bagi 26.003 Pekerja Rentan di Talaud

MANADO, 28 JUNI 2023 – Sebanyak 26.003 pekerjan rentan, tenaga harian dan perangkat desa di Kabupaten Kepulauan Talaud, resmi mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK, yang dikenal juga sebagai BPJS Ketenagakerjaan.

 

Bacaan Lainnya

“Ucapan terima kasih kami, pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, atas komitmen Bupati dr Elly Lasut dalam melindungi masyarakat pekerjanya melalui program BPJAMSOSTEK,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku, Mintje Wattu, yang hadir langsung dalam peresmian pecanangan perlindungan ini, yang digelar di Talaud Kemarin.

 

Ia menjelaskan, BPJAMSOSTEK telah memperluas jejaring Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), dengan melakukan kerja sama dengan RSUD Mala dan RSU Bergerak sebagai rumah sakit pelayanan kesehatan bagi peserta BPJAMSOSTEK yang mengalami kecelakaan kerja. Serta disebutnya, agar pelayanan BUMN in bisa maksimal pada masyarakat kabupaten perbatasan. “Agar peserta BPJS Ketenagakerjaan di Talaud yang mengalami kecelakaan kerja, bisa cepat dan mudah mendapatkan layanan kesehatan, saat terjadi kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja. Jadi, masyarakat pekerja Talaud bisa tetap kerja keras dan bebas cemas saat terjadi risiko kerja” terangnya.

 

Selain hadir langsung dalam peresmian ini, Mintje juga hadir dalam pembentukan Komite Perlindungan Masyarakat Marambe Kabupaten Kepulauan Talaud, dan  pendatandatangan PKS bersama RSUD Mala dan RSU Bergerak terkait Pusat Layanan Kecelakaan Kerja di Talaud.

 

Bupati Kepulauan Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut, yang mendampingi Mintje dikegiatan ini, ikut menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris warganya yang meninggal dunia yang disaksikan warga masyarakat, kepala desa dan seluruh aparat desa yang hadir. “Saudara – saudara warga masyarakat, ini adalah program nyata yang dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan dan semoga keluarga diberikan kekuatan atas duka yang dialami”, kata Elly Lasut saat menyerahkan santunan jaminan kematian kepada suami atau ahli waris pekerja aktif BPJAMSOSTEK yang meninggal.

 

Pada kesempatan yang sama saat di wawancarai Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Sunardy Syahid, menyampaikan akan terus berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, maupun Komite Perlindungan Masyarakat marambe untuk bisa mencapai universal coverage di Kepulauan Talaud. “Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta pekerja BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Taud, tambah Sunardy. (graceywakary)

 

Pos terkait