Jokowi Lepas 599 Atlet untuk Berlaga di SEA Games ke-32 Kamboja

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023), melepas keberangkatan 599 atlet beserta 230 pelatih dan ofisial, serta berbagai tim pendukung untuk berlaga di SEA Games ke-32 di Kamboja 2023 (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 2 MEI 2023 (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan 599 atlet beserta 230 pelatih dan ofisial, serta berbagai tim pendukung untuk berlaga di SEA Games ke-32 di Kamboja yang akan dibuka pada 5 Mei 2023.

 

“Saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 di Kamboja, yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet dan akan mengikuti 31 cabang olahraga,” kata Presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa. Presiden Jokowi berpesan agar tim Indonesia di SEA Games dapat memperoleh medali emas yang lebih banyak dan peringkat yang lebih tinggi dibanding yang diperoleh di SEA Games ke-31 yang sebelumnya di Vietnam. “Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam, saat itu kita peroleh medali 69 emas dan kita peringkat ketiga, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya lebih dari 69 dan peringkatnya di atas tiga, hanya ada dua, peringkat satu atau dua,” kata Jokowi.

 

Turut hadir dalam upacara pelepasan itu antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan para pimpinan asosiasi atau federasi cabang olahraga. Sebelum upacara pelepasan Kontingen Indonesia dilakukan awal pekan ini, sejumlah cabang olahraga secara bertahap sudah memberangkatkan atlet. Khususnya yang bertanding sebelum upacara pembukaan SEA Games Kamboja pada Jumat (5/5).

 

Cabang pertama yang bertolak ke Kamboja adalah sepak bola pada Selasa (25/4). Sehari kemudian giliran cabang kriket. Pemberangkatan selanjutnya adalah dari cabang olahraga hoki indoor pada Kamis (27/4) dini hari WIB. Setelah itu, giliran cabang olahraga balap sepeda pada Sabtu (29/4) dini hari dan triatlon pada Senin (1/5). Secara keseluruhan, Indonesia mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Skuad Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Pewarta : Indra Arief Pribadi

Editor : Edy M Yakub

Pos terkait