BI Siapkan Rp195 Triliun Uang Kartal di Program Serambi 2023

MANADO, 30 MARET 2023 – Bank Indonesia (BI), menyiapkan sebanyak Rp195 triliun uang kartal untuk kebutuhan masyarakat umum di Ramadan dan Idul Fitri 2023.

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers BI yang dikirim siang tadi pada MANADONES, disebutkan program yang dikenal dengan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023 ini, BI bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan penukaran ini telah dimulai sejak mulai tanggal 27 Maret 2023 s.d 20 April 2023 mendatang.

 

Jumlah uang tunai sebesar Rp195 triliun, disebutkan  naik 8,22% dari realisasi tahun 2022 dengan 5.066 titik layanan penukaran uang,  bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya. Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat. BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

 

Sebelumnya pada 20 Maret lalu, Deputi Gubernur BI Aida S Budiman telah meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2023, di Bank Indonesia. Program ini, merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah, dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023.

 

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Aida, menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur. Lanjutnya, ia mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”. Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak.

(gracey wakary)

Pos terkait