KM Sabuk Nusantara 95 Diperbaki KUPP Kelas II Tahuna Hadirkan KM Cannon Moon

KM Sabuk Nusantara 95 yang melakukan pengedokan kapal (docking) hampir sebulan, dan rute lautnya akan digantkan oleh KM Canon Moon.

TAHUNA, 1 MARET 2023 – KM Sabuk Nusantara 95, adalah salah satu kapal pelayaran perintis atau biasa disebut kapal Tol Laut  yang melayani pelayaran dikawasan tiga kabupaten kepulauan yang ada di perbatasan Sulawesi Utara (Sulut)  seperti dari pelabuhan Tahuna menuju ke Karatung hingga ke Miangas.

 

Bacaan Lainnya

Namun, saat ini pengoperasian KM Sabuk Nusantara 95 ditangguhkan, karena telah memiliki jadwal perbaikan rutin pada bulan ini. Untuk itu, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas ll Tahuna telah menyediakan KM Cannon Moon untuk melayani rute pelayaran dari KM Sabuk Nusantara 95, mulai 11 Maret 2023 mendatang. “Kurang lebih sebulan KM Sabuk Nusantara 95, tidak beroperasi namun kami sudah menyiapkan KM Cannon Moon yang  sudah dua kali membantu dengan deviasi trayek, dan minggu depan yang ketiga kalinya,” Kepala KUPP Kelas II Tahuna, Hopriet Balirangen melalui PPK, Melvrid Palanewen saat ditemui sore tadi.

 

Dia kemudian menjelaskan bahwa pihaknya sementara proses pengajuan deviasi ke Dinas Perhubungan Sulut dan Direktorat Lalu Lintas laut dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan. “Proses deviasi trayek ini, dapat dipastikan dalam minggu depan KM Cannon Moon sudah bisa melayani pulau Marore dan sekitarnya,” tambahnya. (Ryansengala)

Pos terkait