Kolaborasi MCD – Polimdo Angkat 148,68 Kg Sampah di Pantai Malalayang

Penyelam usai melakukan pembersihan disalah satu spot unggula di Pantai Malalayang yang dipenuhi sampah plastik.

Foto: MCD

MANADO, 7 DESEMBER 2023 – Aksi bersih pantai dan sapu laut, digelar pagi tadi oleh 22 penyelam Manado, di spot MUA kawasan Pantai Malalayang berhasil mengangkat sampah bawah laut dan pantai untuk didaur ulang.

Bacaan Lainnya

 

Aksi lingkungan, yang dimotori oleh Manado Celebes Dive (MCD) dan Politeknik Negeri Manado (Polimdo), dengan dukungan BRI Dive Community, Manadonesia Tours serta CV Daur Sinar Gemilang ini berhasil mengangkat 140 kg sampah plastic dan ban di bawah laut, dan sebanyak 8,68 kg sampah di kawasan daratan.

 

Aksi lingkungan di dalam Pantai Malalayang Manado, pagi tadi.

“Kegiatan bersih bersih ini rutin kami lakukan baik perorangan, hingga bersama komunitas seperti ini. Harapan kami ini juga bisa jadi bagian semua komunitas selam di Sulut. Karena sampah plastik kini makin banyak kita temui terutama didalam laut,” kata Koordinator kegiatan ini, Wena Regar.

 

Para penyelam bersertifikat ini, sebelum melakukan aksi bersih bersih ini diingatkan untuk tetap mengutamakan keselamatan sesama penyelam, karena sejam sebelum melakukan kegiatan ini kondisi cuaca Kota Manado yang kurang bersahabat alias hujan dan berangin kecang.

 

Para penyelam bersama sampah yang berhasil diangkat dan dibersihkan.

“Keselamatan yang utama, darikegiatan ini,” kata staf pengajar Program studi di Ekowisata Bawah Laut Jurusan Pariwisata di Polimdo, Alma Pongtuluran didampingi Kepala Laboratorium Diving Program studi di Ekowisata Bawah Laut Jurusan Pariwisata Polimdo, Frans Rattu.

 

Aksi bersih laut ini dilakukan selama 50 menit ini berlangsung aman dan para penyelam mengangkut material sampah dari plastic hingga dikedalaman 29 meter. “Sampah bawah laut yang kami bawah, akan didaur ulang oleh CV Daur Sinar Gemilang, karena sampah sampah ini jika dibakar akan membuat polusi bagi lingkungan sekitarnya,” tambah Marco Rambing dari Manadonesia, sembari mengakui, kegiatan yang mereka lakukan pagi tadi belum sepenuhnya membersihkan semua area yang telah mejadi tempat sampah bawah laut, namun diyakini akan ada keinginan masyarakat Manado untuk mengubah aksi buang sampah sembarangan terutama ke laut. (graceywakary)

Pos terkait