Wakil Ketua APPBIPA Dorong Penggunaan Bahasa Indonesia untuk TKA di Sulut

  • Whatsapp
Wakil Ketua APPBIPA Pusat Agus Soehardjono SS MM.

MANADO, 31 AGUSTUS 2022 – Para pengajar, dan pegiat bahasa Indonesia yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), diminta untuk terus mendorong penggunaan bahasa nasional sebagai bahasa harian di kegiatan resmi atau yang tidak resmi.

 

Bacaan Lainnya

Termasuk, mendorong warga negara asing (WNA) yang menjadi tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia termasuk di Nyiur Melambai, untuk menggunakan bahasa Indonesia.

 

Ini, dikatakan oleh Agus Soehardjono SS MM saat menjadi narasumber, pada kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), Pembentukan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA), yang dgelar pagi tadi di Grand Whiz Hotel, Manado.

 

“Jadi, WNA yang menjadi TKA di Indonesia harus bisa berkomunikasi dan berbicara dalam bahasa Indonesia. Sulut, adalah daerah yang menjadi salah satu satu tujuan WNA untuk bekerja,” kata Wakil ketua APPBIPA Pusat. Dia juga menyebut bahwa, Balai Bahasa Provinsi Sulut pimpinan Januar Pribadi SIP MM, selama ini sudah menyiapkan fasilitas pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

 

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan DKT APPBIPA Dyah Erta Damayanti SS menerangkan hari ini adalah persiapan pada bulan September mendatang untuk musyawarah cabang dan rapat kordinasi program kerja sekaligus peresmian dan pelantikan pengurus APPBIPA Sulut. “Kami, telah menyebarkan undangan kepada 30 orang peserta yang terdiri dari pengajar dan pegiat BIPA perwakilan beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, instansi pemerintah, serta organisasi yang telah dan mau mendukung terwujudnya pengajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Provinsi Sulawesi Utara,” jelasnya. (gracey wakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *