Gojek Keluarkan Rp1 Triliun di Masa Pandemi demi Mitra UMKM dan Driver nya

JAKARTA, 5 NOVEMBER 2021 – Selama masa pandemi ini, platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara karya anak negeri, Gojek telah mengeluarkan dana sebesar Rp1 triliun.

 

Bacaan Lainnya

Dimana dana ini disebut inisiatif perusahaan untuk mendukung mitra usaha mikro kecil menengah atau UMKM dan mitra driver, yang bertujuan membantu mitra bertahan, tumbuh, dan bangkit bersama menghadapi pandemi. Dan, ini didukung oleh hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang menemukan empat dari lima mitra driver menyatakan tetap dapat memiliki pendapatan untuk menafkahi diri dan keluarga melalui kemitraan dengan Gojek. Tak hanya itu, 4 dari 5 UMKM percaya GoFood mendorong pertumbuhan usaha.

 

CEO Gojek, Kevin Aluwi menjelaskan di Ngobrol Bareng Gojek yang digelar siang tadi secara online, bahwa selama 11 tahun ini, Gojek telah mendapat dukungan dari dua mitranya diatas. ‘Oleh karena itu, dengan memahami bahwa kondisi pandemi merupakan masa-masa sulit bagi mitra ekosistem kami, dalam dua tahun terakhir kami menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra kami agar mitra driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan mitra UMKM  tetap tumbuh usahanya. Semua ini merupakan bentuk dukungan berkelanjutan kami agar dapat #BangkitBersama,” jelas Aluwi.

 

Tidak hanya itu, Aluwi juga mengungkapkan bahwa hingga kini, Gojek secara konsisten memberikan subsidi promo, bagi mitra UMKM untuk mendorong daya beli konsumen. “Gojek juga membekali mitra UMKM, dengan membagikan paket protokol kesehatan, supaya konsumen tetap merasa aman dan nyaman memesan GoFood,” sebutnya, sembari menerangkan para mitra UMKM juga memperoleh bantuan berupa aset digital dan perangkat fisik untuk menunjang protokol kesehatan seperti care kits, safety seal (selotip pengaman), kartu suhu tubuh, cairan pembersih, dll.

 

GoFood juga mendistribusikan tas pengantaran kepada para mitra driver untuk membantu menjaga higienitas makanan yang diantarkan. Selain itu, Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi COVID-19 untuk para mitra UMKM di berbagai daerah.

 

Tidak berhenti di situ, selama masa pandemi, Gojek  memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan beragam materi edukasi baru. Dengan semua inisiatif ini, GoFood terus tumbuh menjadi layanan pesan-antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.

 

Di lain pihak, Gojek mengemas bantuan kepada mitra driver dalam bentuk Program Kesejahteraan Mitra Driver yang terdiri dari tiga program utama. Pertama, bantuan kebutuhan pokok yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, serta voucher makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra driver.

 

Kedua, bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan yang terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, kegiatan operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksinasi, serta fasilitasi vaksinasi bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota/ kabupaten lewat penyelenggaraan pos pelayanan vaksinasi melalui kerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta terkait. “Terakhir, adalah bantuan pengganti pendapatan bagi mitra driver yang nonaktif sementara saat masa pemulihan dari Covid-19,” tambahnya. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *