BUMDES Pa Ududan Hadir untuk Warga Pinilih

  • Whatsapp
banner 468x60

PINILIH, 15 SEPTEMBER 2021 — Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda pagi tadi meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pa Ududan Desa Pinilih, Kecamatan Dimembe.

BUMDES, yang bergerak dibidang peternakan ayam petelur, diharapkan mampu menunjang dan menjadi sektor pendukung perekonomian warga desa. Bupati Joune Ganda, dalam sambutannya mengatakan, memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Pinilih karena sudah bisa membuat BUMDES lewat dana desa, Dan yang dilakukan adalah upaya peoduktif. setiap usaha harus ada komitmen apalagi ini menggunakan dana desa lewat BUMDES. “Ini harus digunakan sebaik-baiknya, dikelola dengan serius dan transparan. Karena, sering kali terjadi BUMDES tidak maju karena pengurusnya sudah berkelahi, tapi saya yakin untuk BUMDES Desa Pinilih, akan berjalan dengan baik dan bisa bermanfaat bagi seluruh warga Desa Pinilih, ” tutur Bupati Joune.

Read More
banner 300250

Bupati juga meminta dinas terkait, untuk bisa membantu terutama dalam pembinaan dan pemasaran di supermarket, minimarket atau ke pasar-pasar. “Sekali lagi, saya berikan apresiasi sebesar-besarnya atas diresmikan BUMDES ini,” ujar Bupati.

Kepala dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Minut, Alpret Pusungulaa yang turut hadir dalam peresmian ini juga menyebut, BUMDES Pa Ududan Desa Pinilih, merupakan BUMDES pertama di Minut yang telah diresmikan. “Ini bentuk keseriusan pemerintah Desa Pinilih untuk memanfaatkan dana desa.” ujar Pusungulaa.

Sementara itu, Hukum Tua desa Pinilih Fredrik Longdong yang wawancarai media usai peresmian menjelaskan, apa yang yang telah disampaikan bupati, maka sebagai pemerintah desa dirinya akan melaksanakannya dan terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat Desa Pinilih dan Kabupaten Minahasa Utara. “Sangat berterimakasih kepada Bupati yang telah memberikan suport, dengan datang langsung meresmikan BUMDES milik Desa Pinilih, apa yang sudah disampaikan oleh Pak Bupati, sebagai hukum tua desa Pinilih akan melaksanakannya untuk kesejahteraan masyarakat desa Pinilih dan Kabupten Minahasa Utara,” sebut Longdong.

Longdong juga, melaporkan kepada Bupati Joune bahwa BUMDES Pa Ududan Desa Pinilih merupakn peternakan ayam petelur dengan ukuran 4×30 m2, yang diisi 2000 ayam petelur umur sekitar 8-10 minggu, dan dipantau langsung oleh dokter hewan dari dinas pertanian. Untuk nama, BUMDES ‘Pa Ududan’ diambil dari bahasa Tonsea yaitu percontohan.

Hadir juga dalam acara tersebut Kadis pertanian Minut Wangke Karundeng, Camat Dimembe Ansye Dengah, Sekcam Dimembe Billy Somba, BPD desa Pinilih, pengurus BUMDES Pa Ududan, tokoh agama dan seluruh perangkat desa juga para kepala jaga.(gracey wakary)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *