Kapolda Sulut Tinjau Gerai Vaksin JR – ku di Jasa Raharja Manado

  • Whatsapp
banner 468x60

MANADO, 21 AGUSTUS 2021 – Tidak ada kata libur untuk Irjen Pol Nana Sudjana, orang nomor satu di Polda Sulawesi utara (Sulut) ini.

Seperti yang terlihat pagi tadi, Kapolda Nana terlihat berkunjung ke area Vaksinasi Merdeka yang digelar Polda Sulut yang bekerja sama dengan Jasa Raharja yaitu Gerai Vaksin JR-ku, yang berlokasi di Kantor Jasa Raharja Cabang Sulut, Jalan Ahmad Yani Sario, Manado.

Read More
banner 300250

Dalam tinjauannya, Kapolda melihat langsung tahapan-tahapan vaksinasi mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin, dan observasi, juga berdialog dengan para peserta dan vaksinator. Kapolda pada media kemudian menjelaskan bahwa perkembangan penyebaran Covid-19 di Sulut saat ini, masih cukup tinggi tetapi cenderung melandai dan menurun. “Perlu ada kerjasama dan bekerja bersama-sama antara instansi TNI, Polri, Pemerintah serta stakeholders terkait lainnya untuk menangani pandemi Covid-19. Ini tanggungjawab bersama, bukan salah satu pihak saja,” ujar Kapolda.

Lanjutnya, ada tiga kunci untuk menekan laju penyebaran virus corona. Yang pertama, adalah kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Kunci ke dua yaitu 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Dalam hal Tracing, jelas Kapolda, Polda Sulut dan jajaran sudah memiliki Tim Tracer yang ditugaskan di lapangan untuk melacak masyarakat yang melakukan kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19. Sedangkan kunci ke tiga adalah percepatan vaksinasi, yang oleh Polda Sulut dan jajaran dilakukan hampir tiap hari.

Untuk vaksinasi di Sulut, Kapolda menjelaskan bahwa tahap pertama sudah mencapai 37 persen, sedangkan tahap kedua 15 persen. “Ke depan, kami Forkopimda Sulut akan terus bersama-sama dengan instansi terkait untuk menggencarkan vaksinasi. Karena vaksinasi ini cukup efektif demi mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok,” ucap Kapolda, sembari menyebut Gubernur Sulut juga sudah mengeluarkan Surat Edaran,  tentang Antisipasi Peningkatan Penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Cabang Sulut Pahlevi Barnawi Syarif menerangkan, pihaknya sebagai bagian dari BUMN tentunya juga harus mendukung Program Pemerintah dalam hal ini vaksinasi massal. “Dikaitkan dengan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, kami melaksanakan kegiatan Vaksinasi Merdeka. Ini atas kerjasama dan bantuan dari Pak Kapolda Sulut, kami mendapatkan vaksin AstraZeneca sebanyak 200 dosis, dan Sinovac 100 dosis. Jadi totalnya 300 dosis,” kunci Pahlevi.(graceywakary)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *