Pantau Pertahanan Keamanan Perbatasan Pos TNI AU Segera Dibangun di Naha Sangihe

TAHUNA, 14 JULI 2021 — Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, tidaklah mengherankan jika Kabupaten Kepulauan Sangihe selalu menjadi prioritas dalam penjagaan untuk pertahanan negara.

Tidak terkecuali, oleh TNI AU yang siang tadi menerima langsung kunjungan dari tim aset Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi (Lanudsri), sekaligus beraudensi dengan dengan pimpinan Pemkab Sangihe. Dalam pertemuan yang menerapkan protokol kesehatan Covid 19 ini, dijelaskan oleh tim Lanudsri, bahwa kedatangan mereka dalam rangka survei dan peninjauan titik lahan baru yang akan digunakan dan di bangun sebagai Pos Perwakilan TNI Angkatan Udara.

“Kami ingin mengembangkan pertahanan di sisi utara perbatasan, dan dalam hal ini di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara, Sangihe. Di sisi utara perbatasan, kami (TNI AU-red) akan membangun pos perwakilan TNI AU karena yang ada sekarang ini hanya di Manado, kebetulan di sinilah wilayah yang dimandatkan Lanud Sri untuk pertahanan keamanan dan rencana pembangunan yang nanti akan di laksanakan setelah kajian,” ujar Kadislog Lanud SRI Kolonel Kai Moch Choirudin.

Di tempat yang sama, Bupati Jabes Ezar Gaghana mengatakan ini adalah sebuah kebanggaan bagi wilayah perbatasan Sangihe karena TNI AU akan membangun pos perwakilan angkatan AU di Naha. “Bahwa, menjaga pertahanan dan keamanan diwilayah perbatasan menjadi hal yang utama dan daerah pun mendapatkan nilai tambah yang lebih,” kata Gaghana

Tak lupa, Gaghana menambahkan bahwa Pemerintah Daerah akan selalu menopang terhadap kebutuhan sarana dan prasarana diwilayah Sangihe. “Kita (Pemkab-red) akan selalu menopang terhadap kebutuhan sarana dan prasarana di wilayah kita ini, dengan nanti adanya Pos perwakilan disini maka selain untuk memperkuat basis pertahanan di wilayah perbatasan tentu juga menjadi nilai tambah dan kemajuan di Kabupaten Sangihe,” jelasnya

Rombongan Lanudsri sendiri langsung di terima oleh Bupati Jabes bersama asisten satu Sekda Irklis Sombounaung, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Treenov Toufan Pontoh serta sejumlah pimpinan OPD, terpantau MANADONES usai melakukan audensi, rombongan Bupati bersama tim audensi Lanudsri langsung meninjau titik lahan di Bandara Naha. (Ryansengala)

Pos terkait