16 Pelajar Sangihe ini Dapat Beasiswa Adik 2021

TAHUNA, 9 JULI 2021 — Sebanyak 16 pelajar dari SMA/SMK se Sangihe, lolos menerima beasiswa Afirmasi Pendidikan (ADIK) 2021, untuk bisa kuliah dimasing-masing perguruan tinggi yang dipilih.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sangihe, Abednejo Hapendatu menjelaskan, beasiswa ADIK adalah salah satu intervensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa, karena kondisi dan keberadaannya sehingga mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.

Bacaan Lainnya

“Beasiswa ini untuk anak kurang mampu tapi berprestasi yang baru lulus SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan syarat utama adalah anak-anak penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan keluarga penerima program Keluarga Harapan (PKH). Sehingga betul-betul anak dari keluarga kurang mampu,” ungkap Abednejo pada MANADONES pagi tadi.

Lanjut dia, di Sulawesi Utara hanya Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud yang mendapat jatah dengan kuota pendaftar masing-masing 45 orang, dengan seleksi secara online yang sudah dilakukan sejak April 2021 lalu. Sesuai pengumuman hasil tertanggal 1 Juli 2021, ada 16 orang asal Kabupaten Kepulauan Sangihe yang meraih beasiswa ADik. Siswa dan siswi tersebut akan diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di berbagai provinsi di Indonesia sesuai jurusan yang dipilih,”ujarnya.

Saat ini kata Abednejo, siswa-siswi tersebut akan berangkat untuk melakukan registrasi ke Perguruan Tinggi yang jadi tujuan sesuai dengan jadwal akademik di masing-masing Perguruan Tinggi.

“Tinggal melengkapi berkas administrasi, anak-anak sudah bisa masuk kuliah. Jadi mereka disana hanya kuliah, dan untuk pembiayaan di Perguruan Tinggi maupun biaya hidup sehari-hari sudah ditanggung dari Beasiswa ADik,” jelas Abednejo.

Berikut ini nama siswa-siswi penerima Beasiswa Adik Tahun 2021, Andrian Ambat, Victoria Pinkan Mananohas, Aldi HN Arunde, Jevica C Tatawi, Grace C Tampi, Stevany Londonaung, Getar MC Saselah, Sandra Dalensang, Olivia Mamondol, Jenifer NVK Tangkuliwutang, Praysi G Darui, Gita L Kakumboti, Hartanti C Mangensihi, Agrita F Takawaian, Mysanstri Treis Tempongbuka, dan Alfi R Wagunu. (Ryansengala)

Pos terkait