TAHUNA, 17 JUNI 2021 –Terobosan baru dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam upaya meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni kegiatan Pelatihan Kantor Sendiri, pagi tadi.

Dinas ketenagakerjaan Daerah (Disnakerda) kabupaten kepulauan Sangihe merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah melaksanakannya.

Kepala Dinas ketenagakerjaan Sangihe, Dokta Pangandaheng kepada sejumlah wartawan mengatakan, nara sumber yang datang memberikan materi, langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Melanchton Harry Wolff, termasuk dirinya sendiri yang notabene selaku pimpinan OPD.

“Kegiatan ini merupakan terobosan pak Sekda dalam upaya meningkatkan kapasitas ASN, dan pak Sekda bersama saya selaku pimpinan OPD yang menjadi nara sumber, dengan materi perencanaan, pengelolaan keuangan, pengendalian internal serta pembinaan secara umum,” ungkap Pangandaheng

“Jadi kegiatan ini akan berkelanjutan sampai semua pejabat, baik itu kepala seksi maupun kepala sub bagian mampu memaparkan tupoksi mereka serta memahaminya, sehingga kedepan semua pejabat akan siap menjawab dan mejelaskan ketika ada pihak yang hendak mendapatkan informasi,” ujarnya.

Lanjutnya, PKS juga menjadi sarana untuk Merobah budaya kerja yg lambat, menunggu perintah menjadi sebuah organisasi yg cepat tanggap dan memenuhi tuntutan pelayanan kepada masyarakat. “Pelatihan Kantor Sendiri atau PKS merupakan salah satu cara membentuk tim work yg kuat dan solid untuk mencapai target target pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya

Ditambahkannya ada keuntungan lain dari metode pelatihan peningkatan kapasitas ASN ini, yakni setiap pejabat internal dilatih untuk berani tampil berdiri didepan maupun tampil diacara pemerintah lainnya ketika ada hal-hal yang akan disampaikan atau dipresentasikan.

“Selain para pejabat dilatih berani tampil dengan kapasitasnya masing-masing, siapa saja pejabat di Disnaker mampu menjelaskan semua bidang tentang ketenagakerjaan. Jadi sudah tidak ada lagi pejabat yang menolak ke pejabat lain ketika ada pihak yang bertanya, semua sudah harus tahu tentang Disnakerda,” pungkas Pangandaheng. (Ryansengala)

Leave a comment