JAKARTA, 6 JUNI 2021 – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para pahlawannya, inilah yang dikatakan oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto saat membuka kegiatan peresmianpatung Presiden pertama RI ini di halaman halaman Gedung Utama Kementerian Pertahanan RI pagi tadi.

Patung Presiden RI pertama yang berdiri gagah di depan Kantor Kementerian ini, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kelima, Megawati Sukarnoputri. “Bung Karno bukan saja presiden pertama, beliau merupakan Proklamator Kemerdekaan RI dan juga penggagas ideologi negara kita yang hingga saat ini berhasil mempersatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Karena itulah sepantasnya sebagai generasi penerus, kita wajib mengenang, mencontoh dan menauladani perjuangan beliau,” tegas Prabowo yang mendapingi Megawati.

Dijelaskan oleh Prabowo, patung Presiden Soekarno ini menceritakan saat beliau menjadi Inspektur Upacara pada 5 Oktober 1946 di Yogyakarta. Dimana, momen tersebut juga menjadi Hari Angkatan Perang dan untuk pertama kalinya Indonesia mendeklarasikan memiliki angkatan perang yang siap menjaga kedaulatan NKRI, dan beliau sebagai Panglima Tertinggi pertama. Sebagai tradisi, beliau diminta kesediaannya menjadi Inspektur Upacara dengan menunggangi seekor kuda, inilah yang kami bangun,” jelas pria berdarah Minahasa ini.

Prabowo juga meyebut, bahwa kehadiran patung ini, ukan bagian dari mengkultuskan individu, ataupun bagian memuja-muja sejarah masa lalu. “Generasi muda harus mengerti dan sadar dari mana kemerdekaan kita berasal. Kita tidak serta merta dapat hadiah. Kemerdekaan ini direbut dengan darah, keringat dan air mata. Marilah kita bersama-sama berjuang agar nilai-nilai Bung Karno, nilai-nilai Pancasila tetap bertahan dan dipertahankan oleh seluruh generasi-generasi penerus di hari-hari dan tahun-tahun yang akan dating,” ungkapnya lagi.

Megawati sendiri yang hadir mengucapkan terima kasih pada Menhan. “Sebuah kehormatan bisa melihat patung pahlawan kita ada di kawasan ini, semoga perjuangan dan pengorbanan ayah kami, terus dikenang disemua generasi Indonesia,” tambah Megawati, dalam peresmian yang digelar dengan protocol kesehatan Covid –19. (graceywakary)

Leave a comment