MANADO, 12 MEI 2021 — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus melakukan upaya pembenahan dan pembangunan dalam mendukung program kerja pemerintah RI untuk masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan masyarakat.

Kali ini, Pemprov Sulut menggandeng salah satu perguruan tinggi terbaik di Nyiur Melambai, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) untuk bekerja sama melakukan uji teknis terhadap daya dukung bangunan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ratumbuysang. “Kami, ingin memperoleh data terkait kekuatan struktur bangunan gedung RSJ Ratumbuysang terletak di Jalan Bethesda Manado, dengan pertimbangan bangunan tersebut berkategori highrise building (bangunan tinggi) yang pembangunannya belum selesai dan mangkrak selama kurang lebih sembilan tahun,” terang Olly saat melakukan pertemuan dengan pimpinan Polimdo di DPRD Sulut, Selasa (11/5) kemarin.

Menurut gubernur dua periode ini, penggunaan konstruksi baja sangat rentan dengan proses pengkaratan/korosi dikarenakan reaksi oksidasi oleh faktor alam atau lainnya. “Bangunan tersebut beresiko dapat roboh sewaktu-waktu dan berpotensi menimbulkan kerugian materil dan jiwa,” tukasnya, sembari menambahkan kerjasama dengan Polimdo untuk uji teknis terhadap daya dukung bangunan gedung RSJ Ratumbuysang ini bukanlah penunjukkan biasa. “Politeknik memiliki kemampuan yang kami butuhkan. Dan, ini sudah kami tetapkan bukan melalui beberapa masukkan,” tambahnya, seperti yang dikutip MANADONES dalam siaran pers Polimdo pagi tadi.

Direktur Polimdo, Dra Mareyke Alelo MBA pun menyambut positif kepercayaan Pemprov Sulut ini. Dia, menuturkan Polimdo sebagai Perguruan Tinggi Vokasi dapat membantu mengatasi masalah pemahaman tersebut serta mendukung perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi (Monev) pembangunan gedung RSJ Ratumbuysang. “Politeknik Negeri Manado siap bersinergi dengan Pemprov Sulut, bukan hanya dalam uji teknis pembangunan gedung RSJ Ratumbuysang, tapi sebagai Perguruan Tinggi Negeri vokasi, Polimdo siap mengimplementasikan keahlian terapan kami untuk ikut membangun Nyiur Melambai,” ujar Direktur Polimdo, didampingi Wakil Direktur (Wadir) I Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Wadir II Susy Marentek SE MSA, Wadir III Selvie Kalele SE MSi serta Pranata Humas dan Analis Kebijakan Toni Alalinti SKom MMKom.

Sementara dari Pemprov yang mendampingi gubernur adalah Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, Asisten III Asiano Gammy Kawatu, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Steve Kepel. (gracey wakary)

Leave a comment