BI KPw Sulut Sediakan Uang Tunai Rp1,6 T di Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H

MANADO, 15 APRIL 2021 – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Utara (Sulut), menyediakan uang tunai sebesar Rp1,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di periode Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.

Diungkapkan oleh Direktur BI Sulut, Arbonas Hutabarat jumlah ini meningkat sebesar 88,48% year on year (yoy), dibandingkan tahun 2020 lalu yang hanya sebesar Rp850,45 miliar. “Penyediaan kebutuhan uang tunai ini, memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19,” katanya seperti yang dikutip MANADONES melalui siaran pers BI KPw Sulut siang tadi.

Bacaan Lainnya

Dia juga menyebut, BI Sulut bersinergi dengan perbankan lainnya dengan menyediaan 81 outlet layanan penukaran uang di kantor-kantor bank yang tersebar di Sulut. “Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021,” sebutnya.

Selain itu, dalam siaran pers juga dijelaskan bahwa, BI Sulut juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Indonesian Standard (QRIS), dan mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian rupiah serta  dan merawat uang rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah. “Menjaga rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk bangga Rupiah, dan mengenal fungsi rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk paham rupiah,” tambah Arbonas. (gracewakary)

Pos terkait