MANADO, 31 JANUARI 2021 — Jumlah penambahan kasus warga Sulawesi utara (Sulut), yang terkonfirmasi positif dari Corona Virus Disease –19 atau Covid –19, pada Januari ini adalah yang paling tinggi.

Ini, diungkap dalam data terbaru yang Satua Tugas Percepatan Penanganan Covif –19 Sulut. Dimana, kondisi epidemiologis Covid 19 di Sulut pada bulan Januari ini terjadi penambahan kasus positif Covid –19 yang sangat tinggi dibandingkan dengan bulan bulan sebelumnya. Dimana, pada Januari ini telah terkonfirmasi 3.776 kasus baru, atau meningkat 36,5 %
dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 2.766 warga yang positif dari wabah ini.

Walai begitu, dijelaskan juga dalam rilis media yang dikirim satgas pada MANADONES, kenaikan ini telah diprediksi sebelumnya, karena berkaitan dengan liburan hari raya di bulan sebelumnya. “Walaupun kenaikannya sangat tinggi tetapi pemerintah telah berupaya mengantisipasi dengan meningkatkan jumlah bed isolasi dan jumlah bed ICU covid 19, sehingga sampai hari ini keterisian kedua fasilitas ini tidak mencapai 80%,” jelas jubir satgas, dr Steaven Dandel di dalam rilis.

Selain angka terkonfirmasi positif yang meningkat, namun jumlah kesembuhan di Januari ini juga lebih tinggi dari bulan sebelumnya yakni meningkat sebanyak 33,1%, dari 1.718 warga yang sembuh di bulan Desember, menjadi 2.287 warga yang sembuh di Januari ini. “Mari, samasama kita patuh pada protokol kesehatan untuk memutus rantai dari wabah ini. Pakai masker, cuci tangan dan jangan membentuk kerumunan massa atau berada dalam kerumunan,” tambah Karo Humas Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong. (rilis/graceywakary)

Leave a comment