MANADO – Ingin memiliki peluang kerja di luar negeri sesuai dengan kemampuan yang dipelajari, atau kuliah sambil bekerja di bidang yang dipelajari? Maka tepat jawabannya dengan memilih Politeknik Negeri Manado usai menyelesaikan studi di sekolah menengah atas atau yang setara.

Pasalnya, Politeknik Negeri Manado hingga 2019 kemarin, telah menjalan kerja sama dengan puluhan perusahaan negara dan swasta yang bonafid, serta perusahaan luar negeri yang memiliki nama internasional dan disiplin kerja seperti PLN, perusahaan di China hingga Amerika Serikat (AS). “Karena mahasiswa yang ada di Politeknik Manado memang disiapkan  untuk siap kerja. Sebelum lulus, mereka ada proses magang sesuai jurusan yang diambil dan langsung kerja. Walau begitu proses ini juga ada seleksi namu rata rata yang kami kirim mendapat respon sangat memuaskan dari perusahaan dalam dan luar negeri,” kata Kepala Bagian Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Politeknik Negeri Manado, Tony Alalinti pada Manadones belum lama ini.

Menurut Alalinti, Politeknik Negeri Manado menerapkan sistem belajar paket yaitu 40 persen teori dan 60 persen praktik, dengan memiliki 18 program studi yaitu, Jurusan Teknik Sipil :Teknik Sipil (D3), Konstruksi Bangunan (D4), Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan (D4), kemudian ada Jurusan Teknik Elektro yang dibagi menjadi Teknik Informatika (D4), Teknik Komputer (D3) dan Teknik Listrik (D3 & D4). Untuk Jurusan Teknik Mesin terbagi menjadi Teknik Mesin (D3), Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (D4), sementara Jurusan Akuntansi dibagi tiga menjadi Akuntansi Keuangan (D4), Akuntansi (D3) dan Akuntansi Perpajakan (D3). Untuk Jurusan Administrasi Bisnis dibagi menjadi Administrasi Bisnis (D3) dan Manajemen Bisnis (D4). Jurusan Pariwisata : Perhotelan (D3),Usaha Perjalanan Wisata (D3), Ekowisata Bawah Laut (D3). Kami juga, merupakan kampus pertama di Sulawesi Utara yang menerapkan ISO 9001. Pembaharuan terakhirnya menjadikannya memiliki ISO 9001:2008. Ini jaminan serta mendorong mahasiswa kami untuk menjadi yang terbaik,” tambah Alalinti.

Sementara itu, beberapa mahasiswa yang sempat ditemui menyebut bahwa mereka juga memilih salah satu perguruan tinggi yang terletak di kawasan hijau Manado ini karena adanya beasiswa yang ditawarkan kepada mereka. “Kuliah disini sangat menyenangkan namun disiplin waktu. Serta program studi yang diberikan bisa langsung diaplikasikan disaat kami magang,” ungkap Feri mahasiswa yang ditemui. Keren, bukan. (graceywakary)



Leave a comment