MANADONES, 4 APRIL 2021 — Rute terbaru, kembali dibuka oleh Grup Lion Air melalui salah satu maskapainya, Wings Air pagi tadi, yaitu rute Manado — Kao — Manado.

Penerbangan, yang menjadi menjembatan perhubungan udara antara Halmahera Utara di Maluku utara (Malut) dan Pulau Sulawesi ini, Wing Air menggunakan armada pesawat jenis baling-baling (propeller) kekinian, dengan tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600.

Pesawat ini, berkapasitas 72 tempat duduk untuk kelas ekonomi dengan tata letak 2-2. Dalam, siaran pers yang dikirimkan Grup Lion Air pada MANADONES sore tadi,
ATR 72 merupakan pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa karena interior kabin dirancang lebih futuristik, sehingga penumpang dapat bersantai ketika di kabin sembari menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan luar karena pesawat mampu terbang rendah. Selain itu, penumpang juga bisa bekerja saat penerbangan.

“Kualitas udara segar (fresh), terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Volume udara, kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit, dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem by Environment Control System atau ECS yang menjamin udara dalam kabin tetap segar,” jelas

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat). “Ini akan membuat penumpang merasakan. Kenyamanan saat dalam pesawar,” tutur Coorporate Communication Strategic Wing Air, Danang Mandala Prihantoro, seperti yang dikutip MANADONES.

Selain itu, dalam penerbangan perdana pagi tadi, Wing Air meyakinkan bahwa “terbang itu aman”, karena pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan serta mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan (safety first).

Wings Air, disebut Danang memaksimalkan berbagai langkah selama masa waspada pandemi antara lain, mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan.

“Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal tersebut akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin,” terang Danang. (graceywakary)

Leave a comment