MANADO, 5 FEBRUARI 2021 — Walikota Manado, Vicky Lumentut langsung mengirimkan ucapan terima kasih pada Gubernur Sulawesi utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa, Royke Roring yang ikut membantu penanggulangan sampah di kota ini, usai diterjang bencana alam belum lama ini.

“Saya, mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa, Roy Roring yang bersedia membantu dan menyediakan jalan keluar masalah sampah yang kami hadapi. Saat ini TPA Kulo Tondano digunakan untuk sampah kota ”ujar walikota didampingi Sekda Pemkot Manado, Micler Lakat, pagi tadi saat turun lapangan bekerja bakti bersama seluruh ASN Kota Manado membersihkan sampah yang ada di kelurahan kelurahan.

Walikota juga meminta, masyarakat agar dapat membantu pemerintah dalam usaha menyelesaikan masalah sampah di Manado. “Karena TPA (Sumompo), milik kita sudah terbatas, warga saya minta agar dapat memilah sampah, pisahkan sampah plastik dan sampah yang bisa diselesaikan di rumah menggunakan komposer. Selain itu, warga juga mengikuti jam membuang sampah karena truk sampah juga punya rotasi waktu,” jelas mantan birokrat terbaik ini.

Lakat sendiri pada media mengungkap kerja bakti serentak ini diikuti oleh 6.500 tenaga ASN dan THL Pemkot Manado di 10 Kecamatan di bawah komando langsung Walikota GS Vicky Lumentut. “Ada sekitar 50 truk pengangkut dan 2 eskavator di TPA Sumompo, bantuan Pemprov di bawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan lokasi Pembuangan di TPA Kulo Minahasa atas ijin Pak Bupati Minahasa Royke Roring setelah diminta Pak Gubernur,” tambahnya.

Kerja bakti ini dari pantauan MANADONES dimulai sekira pukul 07.00 WITA dengan melibatkan seluruh perangkat daerah disebar secara merata di 10 kecamatan.

Aksi kerja bakti ini, juga melibatkan warga kota yang terdampak bencana. “Karena masalah sampah adalah masalah kita juga sebagai warga. Daerah saya masuk daerah banyak sampah dan sisa sisa banjir lalu. Jadi saya juga terpanggil ikut membersihkannya bersama para ASN,” ujar Mike Ratu warga Taas. (marsel)

Leave a comment