TAHUNA, 28 JANUARI 2021 — Sekira 2500 dosis vaksin Sinovac, siang tadi diantar dengan menggunakan helikopter milik Polri ke Tahuna.

Vaksin ini, langsung di bawah ke ruang penyimpanan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan mendapat pengawalan ketat dari aparat Kodim 1301/Sangihe, Lanal Tahuna, dan Polres Sangihe.

Staf Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Ingwerd Mandagi, menyampaikan jika pengiriman vaksin ini sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Kami menyalurkan sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan vaksin yang pertama ini kan untuk tenaga kesehatan atau nakes. Jumlahnya ada 2500 dosis vaksin Sinovac, setiap orangnya dapat dua kali buster atau dua kali suntikan dalam jangka waktu dua minggu. Untuk tempat penyimpanan vaksin Sinovac itu ada di 2-8 derajat,” jelas Mandagi pada MANADONES.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Norce Kaemba menyatakan jika pihaknya akan menghitung kembali vaksin yang telah tiba. “Rencananya, vaksin ini akan kami hitung kembali, sesuai dengan jumlah yang kami terima yaitu 2500 dosis vaksin Sinovac. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk pencanangan vaksin, yang akan dilaksanakan di Rumah Sakit Liun Kendaghe Tahuna,” terang Kaemba.

Koordinasi untuk menetapkan kapan hari pelaksanaannya. Kalau untuk tempat vaksin sendiri sudah di siapkan di dua Rumah Sakit, 17 Puskesmas dan 2 klinik. Dan untuk pertama ini vaksin dikhususkan untuk tenaga kesehatan, tambah Kaemba. (Ryansengala)

Leave a comment